Mobil Sedan Corolla KE30 1975

Bicara Mobil Sedan Corolla memang tidak akan ada habisnya, karena mobil sedan corolla mempunyai banyak sekali model, nah pada artikel ini akan sedikit membahas mengenai mobil sedan corolla KE30 1975. Corolla E30 merupakan generasi ketiga produksi Toyota untuk jenis mobil sedan Corolla. Mobil ini diproduksi mulai agsutus 1974 sampai dengan bulan juli 1981. Masa itu merupakan pertumbuhan terbesar Toyota di negera Amerika saat krisi bahan bakar. Selain model sister, Sprinter, ada versi desain ulang-body yang dibangun oleh Toyota berafiliasi Daihatsu, yang disebut Daihatsu Charmant. Sementara ada model generasi keempat tertentu dengan masa model yang lebih lama, generasi ini, bila dianggap secara keseluruhan, merupakan paling lama, hal ini mungkin disebabkan karena resesi di seluruh dunia pada tahun 1970. Berbagai macam mobil yang dibangun menggunakan chassis ini, termasuk Corolla, Pelari, Daihatsu, dan sporty Levin dan Trueno model dengan motor DOHC, dengan upgrade injeksi bahan bakar ditambahkan ke model Levin Jepang pada bulan Januari 1977.

Mesin 3K digunakan di pasar tertentu dan kemudian 4K, sementara sebagian besar model Jepang dan Amerika memiliki mesin 2T lebih besar. A “Toyoglide” transmisi otomatis 2/3-speed ditambahkan serta empat kecepatan dan lima kecepatan transmisi manual, pendorong ke roda belakang. A tiga pintu “liftback” (E50) dan Sports coupé (E51) ditambahkan pada tahun 1976. The E40 dan E60 seri ditetapkan ke varian Sprinter. Pada tahun 1975, Toyota memperkenalkan TTC-L (Bakar Toyota Jumlah Clean-Bersandar) pada mesin 12T saja, menggunakan implementasi membakar ramping. Meskipun E30 dan E50 seri telah diganti dengan seri E70 pada bulan Agustus 1979 di sebagian besar pasar, seri E30 asli dan E50 seri facelifted baik produksi lanjutan hingga Juli 1981.

 

Menurut Bosmobil.com dari sekian banyak mobil sedan corolla versi KE30 yang ada di Indonesia, salah satu yang memiliki kondisi sempurna dan sangat orisinil adalah punya Bp De Bei Budiono. Mulai dari eksteriornya, interior, ruang mesin, hingga kaki-kaki, hampir tak ada cacat sedikitpun yang bisa ditemukan pada mobil sedan corolla ini. Kisah membelinya pun menarik, ketika itu Bp De Bei mendengar dari seorang temannya di Cirebon, kalau ada yang mau jual mobil sedan corolla KE30 1975. Kondisi Toyota Corolla KE30 ini memang agak sedikit kurang baik, dan dengan debu tebal menyelimuti sekujur bodynya. Namun yang terpenting, Toyota Corolla KE30 ini masih serba orisinil dan belum pernah sekalipun berpindah tangan.

 

Setelah akhirnya Bp De Bei berhasil menembus mobil sedan corolla ini dan sebelum dikemudikan langsung ke Jakarta, Pak De Bei melakukan sedikit perawatan demi keamanan dan kenyamanan saat dalam perjalanan. Eksterior Toyota Corolla KE30 berkelir green apple ini dicuci terlebih dulu demi mengusir debu yang telah lama melekat. “Waktu itu bodinya cuma berdebu saja mas. Jadi pas setelah saya beli, eksteriornya cukup saya cuci saja di tempat pencucian mobil umum. Oh iya…waktu masih di Cirebon, oli mesin dan filter olinya juga saya ganti baru. Kebetulan waktu itu saya sudah bawa oli dan filter oli baru dari rumah,” ujar Pak De Bei Budiono.

 

Demi menyempurnakan tampilannya, proses perbaikan terhadap Mobil Sedan Corolla KE30 ini tetap dilanjutkan setibanya di Jakarta. Contohnya pada eksteriornya yang diklaim masih dilapis cat asli bawaan pabrik. Untuk mengembalikan kilau cat aslinya, Pak De Bei cukup memolesnya saja, dan menancapkan sehelai antena otomatis pada bagian hood dan antena mungil di ujung kiri bumper depan demi mempermanis tampilannya. Bagian interiornya yang masih lengkap dan serba orisinil juga dibersihkan sehingga interior Toyota Corolla KE30 ini kembali seperti baru.

mobil sedan corolla

Pada sektor kaki-kaki Toyota Corolla KE30 ini belum mengalami kerusakan parah. Akan tetapi, demi mendapatkan handling yang mantap dan keamanan berkemudi, Pak De Bei mengganti tie rod dan long tie rod-nya dengan yang berstatus baru dan so pasti original. Tak lupa, ban white stripe diaplikasikan pada keempat velg-nya untuk mendongkrak tampilan klasiknya.

 

Mesin mobil sedan coroll KE30 yang berkonfigurasi 4 silinder segaris masih sanggup menempuh jarak ratusan kilometer dari Cirebon menuju Jakarta tanpa mengalami kendala sedikitpun. “Mesinnya waktu itu masih hidup dan kering mas. Gak ada oli yang merembes. Tapi supaya tenaganya enak lagi, akhirnya saya turunin setengah aja mesinnya. Paking-paking saya ganti baru, tapi komponen dalam mesin gak ada yang diganti,” tutur Pak De Bei.

Jadi pengin juga punya mobil sedan corolla nih.. kapa yah bisa beli, kalau kamu pengin gak punya mobil sedan corolla kayak Bp De Bei, atau lebih suka dengan mobil sedan corolla kelauaran baru. Kalau saya memang lebih suka mobil sedan corolla karena harga jual kembalinya sudah terbukti tinggi, apalagi kalau dipasarkan dengan menggunakan cara meningkatkan penjualan online, mungkin mobil akan lebih tinggi harganya ;0

 

Sumber; Bosmobil.com